Ardy Ganda Mahardika- Senin, 3 April 2022
Jakarta, Mal Pelayan Publik (Hybrid) – OK OCE Youth melalui salah satu program kerja OK OCE Indonesia dalam melakukan pendampingan maupun pelatihan dasar yang dilaksanakan secara online. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk webinar maupun workshop yang diselenggarakan secara online pada tanggal 25,27,28, dan 29 Maret 2022 melalui zoom meeting dan live on youtube. Pelaksanaan agenda program kerja ini memiliki visi,misi, dan tema untuk meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM serta minat kaum millennial untuk berkecimpung di dunia wirausaha.
Berdasarkan perkembangan era digitilisasi yang sangat ambigu. Membuat pangsa media sosial sangat luas dan tingkat ketertarikan minat para kaum millennial berkecimbung di dunia sosial media sangat tinggi. Banyak media sosial yang melakukan peningkatan kualitas mutu menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan zaman. Awalnya sebagian media sosial hanya menjadi media komunikasi antar pengguna dalam menyediakan informasi pribadi maupun publik.
Dengan adanya perbedaan permintaan pangsa pasar yang sangat modern membuat aplikasi sosial media melakukan perencanaan kembali sistem aplikasi dengan menyediakan marketplaced atau lapak. Salah satu aplikasi yang melakukan penambahan fitur lapak adalah Tiktok.
Informasi tersebut memunculkan sebuah ide brilian dari Divisi Business Coaching dalam membuat menentukan pokok pikiran workshop dengan Judul “Strategi Mudah Membangun Merek Produk Melalui Tiktok” sebagai bentuk implemantasi dalam praktisi UMKM dan kaum millenial mengetahui dan mempelajari sistem berjualan di Tiktok Shop. Kegiatan ini sendiri, mengusung tema pelatihan singkat yang di bimbing oleh seorang narasumber ahli di bidang Marketplaced Tiktok Shop, Ibu Irna Nurhasanah ( Jumat, 25 Maret 2022).
Para praktisi UMKM sendiri terkadang sering mengalami sebuah permasalahan yang cukup fatal. Di mana para pelaku UMKM sering mendapatkan permasalahan pada perhitungan akhir pada posisi keuangan usahanya untuk memastikan kinerja keuangan UMKM berada pada posisi untung atau rugi. Hal ini timbul, akibat permasalahan minimnya persepsi dan pemahaman bahwa pentingnya pencatatan transaksi-transaksi yang berhubungan dengan keuangan para praktisi UMKM sebagai ujung tombak penentuan kondisi keuangan.
Melalui Workshop Divisi Financial Advisor yang mengusung tema, “Bongkar Dapur Pengusaha Kreatif Sukses: Pencatatan Keuangan Sambil Rebahan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 maret 2022 sebagai solusi permasalahan pencatatan pada UMKM. Adapun solusi permasalahan tersebut dapat di atasi menggunakan aplikasi OK GAN. Aplikasi ini yang menyediakan jasa keuangan dan administrasi perangkat lunak untuk bisnis UMKM.
Ibu Fitri Hardiyanti selaku perwakilan OK GAN menjadi praktisi yang memaparkan sistem penggunaan aplikasi OK GAN sebagai solusi pencatatan para pelaku UMKM. Pencatatan melalui aplikasi OK GAN sendiri sangat mudah dengan cara menginput data transaksi harian ke whatsapp OK GAN. Kemudian, data akan diolah oleh sistem dan ketika pelaku UMKM mengetik Laporan Keuangan yang dibutuhkan di whatsapp OK GAN maka akan timbul bentuk laporan keuangan UMKM tersebut.
Lain halnya dengan Divisi website And Social Media yang lebih berfokus terhadap cara meningkatkan kemampuan para pelaku usaha. Terutama dalam bidang website dan branding di sosial media melalui Workshop Nasional dengan judul, “Pentingnya Media Sosial dan Website Entrepreneur”. Divisi Website and social media sendiri telah sukses menyuarkan tujuan mereka dan mengundang para narasumber yang merupakan praktisi ahli dibidang social media maupun website, antara lain : Ibu Tyara Irakusuma ( Program Provider OK OCE Indonesia dan Fasilator Google Indonesia), Kang Anan ( Founder Bubur Jali dan Brand Activist), dan Bapak Gatot Wicaksono (CEO Jarivis).
Melalui pemaparan materi yang dilakukan Ibu Tyara Irakusuma dan Kang Anan, membuktikan bahwasannya workshop kali ini telah sukses mengsosialisasikan serta mempraktekan pentingnya memilii branding suatu produk dalam sebuah usaha. Tujuan dari branding sendiri menurut Ibu Tyara Irakusuma, merupakan sebuah indentitas sebuah usaha yang memiliki sebuah keunikan sendiri sehingga para pelaku diwajibkan memiliki nilai branding tersendiri atas productnya.
Selain branding, workshop kali ini juga memparkan pentingnya data analisis dan keamanan website ketika memiliki suatu usaha. Melalui CEO Jarivis, para peserta webinar diberikan pemaparan materi perihal bagaimana Analisa data terhadap minat konsumen dengan biaya yang sangat murah menggunakan bantuan Jarivis dan sistem website yang baik atau tidak mudah direntas maupun memiliki permasalahan (28 Maret 2022).
Pada tanggal 28 maret 2022, divisi Digital Learning juga mengadakan acara yang berbentuk webinar dengan mengusung tema, “Kiat Sukses Meningkatkan Penjualan Bisnis Melalui Marketplace” yang dibawakan oleh narasumber berpengalaman Bapak Salman Khabibi. Dalam memaparkan materi webinar kali ini, beliau sharing pengalaman dalam bidang berjualan di marketplace yang orderan salah tokonya menyentuh angka 100.000 . Berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwasannya kiat sukses berjualana melalui marketplace memiliki pangsa pasar yang luas.
Ketika kita memiliki sebuah usaha di marketplace jangan lupa membuat toko bayangan agar para konsumen memiliki penilaian untuk membandingkan antara toko utama kita dengan toko lainnya sehingga dapat membentuk persepsi konsumen bahwa toko utama kita memiliki selisih harga yang lebih baik, Ujar Bapak Salman Khabibi.
Sebagai penutup rangkaian acara OK OCE Youth untuk langkah awal pendampingan UMKM, divisi Business System Specialist mengadakan Webinar dengan Judul “ Building a Succesful System From Zero” pada tanggal 29 Maret 2022. Pemaparan materi webinar kali ini dibawakan oleh narasumber Bapak Aresdi Mahdi Asyathry selaku Founder Glek. Pemaparan materi oleh Bapak Aresdi berfokus kepada cara membentuk sistem bisnis yang baik menggunakan portofilio sistem bisnis franchise minuman Glek.
Webinar ini sendiri, sukses menarik minat 230 peserta untuk mengikuti rangkain acara. Dengan diadakan acara webinar ini Divisi Business System Specialist berharap para pelaku UMKM dan para kaum millennial lebih mengerti cara membentuk sistem bisnis yang positif.
Keseluruhan rangkaian acara workshop dan webinar OK OCE Youth bertujuan sebagai langkah awal dalam pendampingan UMKM, memberikan relasi yang lebih luas, memberikan pelatihan sederhana dan membagikan wawasan yang baru bagaimana cara sebuah UMKM dapat berkembang. Selain itu, tujuan diadakan rangkaian acara OKE OCE Youth adalah meningkatkan minat para kaum millennial untuk berkecimbung di dunia UMKM. Hal ini dilakukan untuk membantu menyukseskan salah satu target OK OCE pada 2024 untuk membuka lowongan pekerjaan untuk 2.000.000 orang.